Sabtu, 07 September 2019

Delta XI 2019



Mahasiswa merupakan aset bangsa yang perlu dibina dan dikembangkan. Sebagai generasi muda, kelangsungan suatu bangsa untuk masa yang akan datang sangat tergantung kepada mahasiswa yang ada saat ini. Sehingga mahasiswa perlu dibekali dengan berbagai keahlian seperti keahlian dalam bidang organisasi, manajemen dan kepemipinan (leadership).

Pembukaan Acara Meyanyikan Lagu Nasional Indonesia Raya
Mahasiswa harus dibekali dengan kemampuan hard skill dan soft skill. Melihat kondisi ini, perlu diangkat suatu kegiatan yang bisa menjawab permasalahan tersebut. Kegiatan berupa pengkaderan merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memanajemen sebuah organisasi dalam mempersiapkan perubahan masa depan yang lebih baik.
Sambutan  Ketua Panitia DELTA XI Novia Felysia
Sambutan Wakil Ketua HIMASTA Ipan
Sambutan Ketua Program Studi Statistika Dr. Sifriyani, S.Pd., M.Si
Sambutan Ketua Jurusan Matematika Dr. Suyitno, S.Pd., M.Si
Pengkaderan memiliki peranan penting dalam kelangsungan sebuah organisasi. Namun demikian, proses pengkaderan bukanlah suatu persoalan sederhana. Hal ini menyangkut keseluruhan pembentukan pemikiran, kepribadian, dan perilaku yang diharapkan sebuah organisasi terhadap anggotanya. Sehingga dibutuhkan mekanisme yang baik dalam rangka mencetak kader yang diharapkan. Sebuah organisasi Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) tidak hanya memiliki tugas untuk merekrut kader-kader baru, tetapi juga berusaha agar bisa membentuk pola pikir untuk menciptakan keloyalitasan kader terhadap organisasi tersebut. Salah satunya melalui program D’ Leadership Of Statistics (DELTA) dari Himpunan Mahasiswa Statistika.

Penyampaian Materi Ristek Dikti oleh Memi Nor Hayati,  M.Si

D’ Leadership Of Statistics (DELTA) merupakan bagian akhir dari serangkaian kegiatan pengkaderan dan pendidikan karakter selama satu periode kepengurusan Himpunan Mahasiswa Statistika. Oleh sebab itu, diadakan kegiatan ini dengan harapan dapat menghasilkan regenerasi pengurus Himpunan Mahasiswa Statistika yang memiliki sifat dan sikap yang sopan santun, jujur, toleransi, disiplin, tanggung jawab, berjiwa sosial, aktif dan berpikir kritis, serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Penyampaian Materi Sharing with IKAS oleh Nanda Arista Rizki, M.Si

Kegiatan D’ Leadership Of Statistics (DELTA) XI Tahun 2019, mengangkat tema “Build The Character with VARIABLE (Various Activity becoming a Leader)”. Sasaran dari pelaksanaan D’Leadership Of Statistics (DELTA) XI Tahun 2019 adalah mahasiswa program studi Statistika angkatan 2018. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at – Sabtu, 06-07 September 2019 bertempat di Fakultas Matematika dan Ilmu  Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman. Tujuan kegiatan ini adalah :
1.    Sebagai bagian akhir dari serangkaian pengkaderan dan pendidikan karakter selama satu periode kepengurusan Himpunan Mahasiswa Statistika.
2.        Memperkuat kebersamaan pengurus dengan calon pengurus Himpunan Mahasiswa Statistika
3.     Membentuk kader-kader pemimpin yang siap menjadi teladan umumnya di masyarakat dan khususnya di berbagai aktivitas keorganisasian internal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman.

Penyampaian Materi Sharing Mawapres oleh Sinta Nur Wijayanti, S.Si

Adapun rangkaian kegiatan dari Delta XI yaitu sharing with IKAS (Ikatan Keluarga Alumni Mahasiswa Statistika) untuk mempererat silaturrahmi, Sharing mahasiswa Berprestasi Program Studi Statistika untuk menambah wawasan mahasiswa terkait Program Studi Statistika, dan Focus Group Discussion yaitu dengan memberikan suatu permasalahan yang spesifik yang akan diselesaikan melalui diskusi kelompok, serta serangkaian games yang bertujuan untuk melatih kerjasama antar kelompok mahasiswa.
Senam Peserta Delta XI
Peserta Delta XI mengikuti serangkaian permainan
Peserta Delta XI mengikuti serangkaian permainan
Focus Group Discussion (FGD)

Focus Group Discussion (FGD)

Konfigurasi Peserta membentuk tulisan DELTA XI

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jika A adalah sukses dalam hidup, maka A = X + Y + Z. X adalah bekerja, Y adalah bermain, dan Z adalah menjaga lisan. (Albert Einstein)