Struktural

Sistem dan pelaksanaan tata pamong di Program Studi Statistika didasarkan pada dokumen statuta Universitas Mulawarman Tahun 2004 BAB IX tentang Susunan Organisasi Universitas Mulawarman Pasal 50. Penyelenggaraan Program Studi Statistika dipimpin oleh Koordinator Program Studi Statistika dan bertanggung jawab kepada Ketua Jurusan Matematika. Koordinator Program Studi Statistika diangkat dan diberhentikan oleh dekan atas usul Ketua Jurusan Matematika dengan masa jabatan adalah 4 tahun dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 2x masa jabatan secara berturut-turut. Sistem dan pelaksanaan tata pamong di Program Studi Statistika juga didasarkan pada OTK UNMUL Tahun 2015 dan SK Dekan FMIPA UNMUL Nomor 161/OT/2018 tentang Struktur organisasi dan nama pejabat/pengelola beserta staf di lingkungan FMIPA UNMUL. Adapun struktur organisasi pada Program Studi Statistika ditunjukkan seperti pada gambar dibawah ini:

Dalam operasionalnya, Koordinator Program Studi Statistika berkoordinasi dengan Unit Jaminan Mutu Program Studi Statistika dan 4 laboratorium yang berkaitan yaitu Laboratorium Statistika Komputasi, Laboratorium Ekonomi dan Bisnis, Laboratorium Statistika Terapan dan Laboratorium Matematika Komputasi. Masing-masing Kepala Laboratorium tersebut juga bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Matematika.
Ketua Jurusan Matematika dan Sekretaris Jurusan Matematika dipilih dalam rapat yang dihadiri Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2 dan seluruh dosen Program Studi Statistika. Hasil rapat ditetapkan dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Mulawarman Nomor 1016/KP/2015. Pada saat itu jabatan Koordinator Program Studi Statistika dirangkap oleh Ketua Jurusan Matematika berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Mulawarman Nomor 1145/KP/2015. Perubahan struktur organisasi di Jurusan Matematika dilakukan karena terbentuknya Program Studi Matematika. Pemilihan Koordinator Program Studi Statistika dan Koordinator Program Studi Matematika dilakukan dalam rapat Jurusan Matematika dengan tata cara pemilihan yang didasarkan pada SK Dekan FMIPA UNMUL Nomor 957/DT/2015. Hasil rapat ditetapkan dalan Surat Keputusan Rektor Universitas Mulawarman Nomor 1421/SK/2017.
Program Studi Statistika FMIPA Universitas Mulawarman dalam membangun sistem tata pamong untuk mewujudkan visi dan misi Program Studi menerapkan 5 prinsip, yaitu kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.

 
Jika A adalah sukses dalam hidup, maka A = X + Y + Z. X adalah bekerja, Y adalah bermain, dan Z adalah menjaga lisan. (Albert Einstein)