Kegiatan Seminar Nasional Matematika Statistika dan Aplikasinya 2023 telah berlangsung sukses diselenggarakan oleh Jurusan Matematika FMIPA Universitas Mulawarman. Sesi pembukaan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Lambang Subagiyo, M.Si., Dekan FMIPA Ibu Dr. Dra. Hj. Ratna Kusuma, M.Si., serta jajaran pejabat FMIPA Universitas Mulawarman. 

 

Seminar Nasional ini berfokus pada scope bidang Matematika, Matematika Terapan, Statistika, Statistika Terapan, Pendidikan Matermatika. Pelaksanaan Seminar Nasional dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Juni 2023 berlokasi di Gedung Science Learning Center, FMIPA Universitas Mulawarman. Adapun tema pada Seminar Nasional ini mengusung "Peran Matematika dan Statistika untuk Mendukung Pembangunan Ibukota Nusantara". Narasumber pada kegiatan ini terdiri atas dua keynote speaker yaitu Ibu Prof. Dr. Sri Wahyuni, SU (Departemen Matematika, Universitas Gadjah Mada) dan Bapak Yudhie Andriyana, S.Si., M.Sc., Ph.D (Ketua Forum Pedidikan Tinggi Satistika (FORSTAT)), sedangkan dua invited speaker yaitu Bapak Prof. Dr. Nurdin, S.Si., M.Si (Departemen Matematika, Universitas Hasanuddin) dan Ibu Dr. Nur Chamidah, S.Si., M.Si (Departemen Matematika, Universitas Airlangga).

 

Peserta yang mengikuti kegiatan SNMSA 2023 dihadiri oleh peneliti dan dosen dari berbagai perguruan tinggi, mahasiswa tingkat sarjana, dan pasca sarjana yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Jumlah peserta yang berpartisipasi pada kegiatan ini sebanyak 121 peserta terdiri dari 18 peserta non pemakalah dan 103 peserta pemakalah. Penghargaan best speaker diberikan sesuai bidangnya yaitu pada bidang Matematika diraih oleh Ramya Rachmawati, Iwan Ernanto, dan Muhammad Nazhif Abda Putera Khano. Bidang Statistika oleh Regita Putri Permata, Primadina Hasanah, Winalia Agwil, dan Hendra Perdana. Bidang Pendidikan Matematika oleh Fithria Ulfah.

 

-MF-

Seminar Nasional Admin